Holy Mother - Akiyoshi Rikako

18.56.00


Judul : Holy Mother
Penulis : Akiyoshi Rikako
Penerbit : Haru, Agustus 2016
Tebal : 284 Halaman
Rating: ❤❤❤❤❤


Terjadi pembunuhan mengerikan terhadap seorang anak laki-laki di kota tempat Honami tinggal. Korban bahkan diperkosa setelah dibunuh.

Berita itu membuat Honami mengkhawatirkan keselamatan putri satu-satunya yang dia miliki. Pihak kepolisian bahkan tidak bisa dia percayai.

Apa yang akan dia lakukan untuk melindungi putri tunggalnya itu?

Bagaimana jadinya jika kota yang dikenal aman dan jarang terdapat kasus-kasus kriminal tiba-tiba di gegerkan dengan adanya pembunuhan anak laki-laki dengan kejam dan terdapat pelecehan seksual pada mayat tersebut?

Hal itu pasti membuat seluruh warga kota dilanda kekhawatiran terutama mereka yang memiliki anak-anak kecil.

Novel ini menceritakan kisah tersebut. Kedamaian kota tiba-tiba terusik karena berita pembunuhan. Honami yang memiliki anak kecil pun dibuat khawatir. Dia bahkan berpikir akan melakukan apapun untuk melindungi putrinya tersebut. Putri yang ia anggap sebagai mukjizat, karena dirinya yang memiliki gangguan pada ovarium sehingga kemungkinan memiliki anak sungguh kecil sehingga membuat hubungannya dengan Ibu Mertuanya pun sedikit renggang, pada akhirnya membaik karena kehadiran putrinya tersebut,

Pada awal cerita, berfokus pada ke khawatiran Honami. Di bab selanjutnya agak sedikit membuat tercengang, memang novel-novel karya Akiyoshi Rikako ini penuh dengan kejutan. Bagaimana tidak, jika di bab selanjutnya itu identitas si pembunuh sudah diungkapkan. Benar-benar membuat otak berpikir apa ending yang akan diberikan Akiyoshi-sensei di cerita ini?

Setelah sukses dengan ke dua novelnya yang juga diterjemahkan dan diterbitkan oleh Penerbit Haru (Girl In The Dark dan The Dead Return), Akiyoshi Rikako memang sama sekali tidak membuat kecewa dengan ending yang disuguhkannya dalam novel Holy Mother ini. Aku bahkan dibuat tercengang.

Pembunuh utama cerita ini yang aku kira seorang laki-laki, karena sejak awal cerita Akiyoshi mampu membuat pembaca berpikir jika Makoto adalah laki-laki. Mulai dari mengikuti kendo, kata-kata 'ah karena inilah cewek itu merepotkan.' (hal 37), kemudian 'Dengan mata berkaca-kaca, lawan bicaranya menyodorkan amplop dengan desain yang pasti disukai oleh semua gadis.' (Hal 38). Mungkin memang kalimat di halaman 38 itu aku tidak 'peka' dengan kata-kata 'desain yang pasti disukai oleh semua gadis'. Jujur saja, aku benar-benar berpikir di awal jika yang 'menembak' Makoto adalah perempuan!

Langsung saja ya, Tema yang diangkat dalam novel ini tidak jauh-jauh dari novel-novel sebelumnya, yaitu thiller & misteri. Cover yang disuguhkan juga menarik! Sangat menarik hehehe, terutama untuk aku yang ikut PO Holy Mother yang ber-ttd langsung Akiyoshi Rikako >< Sangat membahagiakan. 

Selanjutnya latar tempat yang digunakan itu Tokyo, Kota Aiide. Alurnya juga dikemas dengan sangat apik sehingga setiap membaca lembar demi lembar terasa mendebarkan dan semakin membuat penasaran hingga aku yang mendapatkan novel ini pada tanggal 20 Oktober 2016 di sore hari langsung menghabiskannya saat itu juga.

Karakter-karakter yang disuguhkan juga menarik, benar-benar mereka saling memiliki keterkaitan, novel yang ditulis dengan penuh pertimbangan. Ada kutipan dari percakapan tokoh-tokoh detektif yang aku sukai.

Hal.110
"Satu lagi, nasihat dariku,"
"Baik. Apa pun itu, saya akan berterimakasih."
"Kalau misalnya ada informasi penting dan bukti penting yang muncul, anggaplah orang yang menemukannya adalah orang yang paling kau benci."
Sesaat Tanizaki hanya berkata, "Eh?" tapi akhirnya dia mengangguk mengerti. "Artinya, jangan memakannya mentah-mentah, tapi bertindak dengan penuh pertimbangan, kan? Baik, dimengerti!"

Percakapan yang memberikan amanat bahwa kita harus tetap berpikir sebelum bertindak sekalipun jika ada suatu perkataan yang terdengar seperti 'benar', Kita harus tetap memikirkan segala kemungkinan yang terjadi.

Terakhir, ending yang diberikan akan membuat kamu mengerti apa yang sebenarnya terjadi hohoho, ending yang mengejutkan >< Karena itu aku tidak akan membeberkannya sendiri, lebih baik kalian segera baca dan nikmati novel ini. Semua akan lebih menghanyutkan ketika kamu masuk sendiri ke dalam dunia yang Akiyoshi Rikako tuliskan.

Selain ber-ttd asli dapet bonus bookmark juga dari Haru


You Might Also Like

0 komentar